Choose Your Language
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Add to Google Reader or Homepage

Myartikel

@BANNER
MyBaner


Selasa, 03 Mei 2011

Cara Bikin T-shert dengan Coreldraw

Sebelum Anda melangkah lebih jauh sebaiknya Anda membaca artikel dibawah untuk memudahkan proses pembuatan, terutama bagi Anda pemula yang baru belajar CorelDraw. Untuk yang sudah mahir silakan lanjut saja.

  1. Pengaturan Penting Mendesain Dengan CorelDraw
  2. Tutorial CorelDraw Menggunakan Bezier Tool
  3. Tutorial CorelDraw Menggunakan Shape Tool
  4. Tutorial Coreldraw Mewarna Objek dan Garis
  5. Moving, Scaling dan Rotating Objek Pada CorelDraw
  6. Tutorial CorelDraw Fungsi Snap To

Download Template Kaos dan T-Shirt Vector

  1. Template Kaos dan T-Shirt CorelDraw Versi 1
  2. Template Kaos dan T-Shirt CorelDraw Versi 2
  3. Template Kaos dan T-Shirt CorelDraw Versi 3
  4. Template Kaos dan T-Shirt CorelDraw Versi 4
  5. Template Kaos dan T-Shirt CorelDraw Versi 5

Pada tutorial ini kita akan membuat Blank T-Shirt yang nantinya akan digunakan sebagai simulasi dan presentasi desain yang melekat pada kaosnya. Secara mudah kita akan mendesain bentuk kaosnya. Untuk mendesain kaos, ikuti langkah-langkah berikut :

Membuat Desain Kaos dengan CorelDraw

Langkah 1

Klik bezier tool, dan buat objek kurva seperti gambar di bawah. Pertama buatlah garis yang saling berhubungan berbentuk kaos ( bentuk dasar, mirip kaos saja dulu ) menggunakan bezier tool. Buat melangkung seperti kurva bagian-bagian kaos dengan Shape tool. Klik shape tool pada toolbox, lalu klik di bagian yang akan dilengkungkan misalnya bagian lengan kaos, klik kanan dan pilih convert line to curve. Klik dan geser tanda panah ( handle curve ) yang muncul sehingga mendapatkan lengkungan yang diinginkan.

Membuat Desain Kaos dengan CorelDrawLangkah 2

Sekarang bagian kerah dan lengan bawah kaos yang kita lengkungkan dengan tool dan cara yang sama. Gunakan make node smooth untuk menghaluskan sambungan di lengan baju.

Membuat Desain Kaos dengan CorelDrawLangkah 3

Buat lekukan bagian bawah kaos, samping kanan dan kiri. Sebelumnya tambahkan dulu 2 node sebelah kiri dan 1 node sebelah kanan kaos. Lalu lekukan dengan cara yang sama menggunakan convert line to curve. Beri warna sesuai keinginan sobat.

Membuat Desain Kaos dengan CorelDrawLangkah 4

Selanjutnya kita buat kurva untuk dijadikan sebagai lipatan kaos agar lebih menarik dan hidup. buat sembarang kurva seperti gambar di bawah, lalu lekukan bagian-bagian kurva dengan cara yang sama pula dengan langkah sebelumnya.Membuat Desain Kaos dengan CorelDraw

Langkah 5

Jika seluruh kurva sudah membentuk lengkungan yang diinginkan, beri warna kurva dengan warna yang lebih tua dari warna kaos dan hilangkan garis pada kurva, klik line tool pada toolbox–>klik tanda silang.Membuat Desain Kaos dengan CorelDraw

Langkah 6

Letakan kurva tersebut di lengan kanan sebagai lipatan kaos. Agar objek bayangan ini yang berada diluar garis kaos hilang atau sesuai dengan bentuk kaos, gunakan instersect dan hapus aslinya.

Membuat Desain Kaos dengan CorelDrawLangkah 7

Buat lagi lipatan kaos, tangan sebelah kiri dengan cara seperti tadi.

Membuat Desain Kaos dengan CorelDraw

Langkah 8

Buat 5 buah kurva berbentuk seperti daun bambu, letakkan kurva-kurva tersebut seperti ini:

Membuat Desain Kaos dengan CorelDrawLangkah 9

Buat dua persegi panjang yang saling menimpa menggunakan bezier tool kemudian lengkungkan dengan convert line to curve. Sesuaikan dengan lengkungan kaos bagian leher seperti gambar di bawah, sekali lagi jika ada objek ini ada yang berada di luar garis kaos gunakan intersect dan hapus aslinya. Beri warna yang lebih muda dari warna kaos seperti ini:

Membuat Desain Kaos dengan CorelDrawLangkah 10

Terakhir pasang desain yang Anda buat atau desain yang sudah ada seperti vertor floral desain yang telah saya berikan di sini. Misalnya desainnya seperti ini:

Membuat Desain Kaos dengan CorelDrawLangkah 11

Letakkan di mana saja sobat mau, misalnya diletakkan di tengah. Perkecil ukuran atau sesuaikan dengan desain kaos selanjutnya pindahkan sesuai dengan letak yang Anda mau menggunakan pick tool.

Membuat Desain Kaos dengan CorelDraw


SELAMAT BERKARYA SOBAT

lintasberita