Choose Your Language
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Add to Google Reader or Homepage

Myartikel

@BANNER
MyBaner


Minggu, 08 Mei 2011

Teknik Rendering

Didalam tutorial ini saya menggunakan AutoCad 2010,karena menurut saya hasil rendernya lebih baik dari versi sebelunya.GPL..praktek gan..!

1. RENDER DESIGN
Siapkan Objeknya gan,saya ambil contoh seperti ini:
image www.ilmugrafis.com

View > Render > Materials , Maka keluar sub menu seperti ini gan:
image www.ilmugrafis.com

> Creat new material
Beri nama “tembok” > OK!
> pada menu Maps > selec image

Ambil gambar dari computer anda,biasanya di sini file nya:
C:\Program Data\Autodesk\Autocad2010\R18.0\enu\Textures

Jika tidak sama maka anda bias mencarinya sendiri di file Acad anda.
Disini saya ambil contoh :
Masonry.Unit.Masonry.Brick.Modular.Clinker

> Apply material to Object > seleksi objeknya
Maka objek tersebut telah menyerupai layaknya tembok yang belum di semen,seperti ini:
image www.ilmugrafis.com

Jika anda rasa skalanya terlalu besar,maka anda bisa mengaturnya di tab material offset & preview
Untuk menemukanya, caranya anda cukup tarik kursor tab ke bawah. Atur skalanya sesuai keinginan.
image www.ilmugrafis.com
Jika merasa cukup pengaaturan sekalanya, jangan lupa untuk klik symbol gembok guna skalanya tidak berubah - ubah.

Begitu pula untuk material yg selanjutnya gan untuk model yang sejenis, seperti kusen pintu/jendela, lemari kayu, bupet, or yg lainya.

Untuk tehnik rendering yg lainya seperti kramik,paper,kaca,cermin,water,anda fokuskan ke pengaturan di tab Material Editor.
Pilih criteria material di type dan Template

Perhatikan petunjuk dibawah:
image www.ilmugrafis.com

Berikut contoh-contoh yg saya buat:
image www.ilmugrafis.com
Sekian sekilas penjelasan tentang bagaimana merender sebuah object, anda bisa mencoba-coba sendiri untuk fungsi dari sub-sub menu tersebut..

terimakasi . . SEMOGA BERMANFAAT ! lintasberita